Minggu, 08 November 2009

Kantor Pelayanan Perizinan Parepare

Kantor Pelayanan Perizina Parepare atau yang lebih dikenal dengan kantor Sintap, awalnya merupakan Unit Pelayanan Terpadu Sistim Pelayanan Satu Atap (UPT-SINTAP, yang didirikan berdasar SK walikota Parepare Nomor 103 tahun 2001, yang pada dasarnya merupakan wadah koordinasi pola pelayanan secara terpadu antar instansi pemerintah dalam memberikan pelayanan pada satu tempat atau lokasi, sesuai dengan batas kewenangan masing-masing instansi.
selanjutnya berdasarkan Perda nomor 14 tahun 2004, berubah menjadi kantor Pelayanan Perizinan kota parepare.
Selan membantu Walikota sebagai tugas pokoknya, Kantor Pelayanan Perizinan memiliki fungsi sebagai:
- Penyelenggara pelayanan perizinan
- Penyelenggara non perizinan
- Pelayanan terhadap pengaduan masyarakat di bidang perizinan dan non perizinan
- Pengelolaan urusan tata usaha kantor
saat ini, jumlah perizinan dan non perizinan yang dikelola sebanyak 24 jenis, diantaranya:
1. Izin mendirikan bangunan
2. Izin tempat usaha dan izin gangguan
3. Izin pemasangan reklame
4. Izin penggunaan pelataran
5. Izin penggunaan alat berat
6. Izin trayek angkutan kota
7. Akta catatan sipil: Akta kelahiran, Akta perkawinan, Akta perceraian, Akta pengangkatan anak, Akta pengakuan dan pengesahan anak, Akta penggantian nama
8. hartu tanda penduduk
9. kartu keluarga
10. Izin usaha perdagangan
11. Tanda daftar perusahaan
12. Izin usaha industri
13. Tanda daftar gudang
14. Tanda daftar ruang
15. tanda daftar industri
16. Izin usaha angkutan
17. Izin usaha jasa konstruksi
18. Izin peruntukan penggunaan tanah
19. NPWP
20. Izin apotik/pergantian apoteker
21. Izin penyelenggaraan laboratoriumklinik kesehatan
22. Izin optik
23. Izin penyelenggaraan rumah bersalin
24. izin usaha pariwisata

Keseluruhan perizinan tersebut diproses dalam waktu yang terukur dan jelas secara komputerisasi dengan memanfaatkan IT.
Untuk memudahkan pelayanan pada masyarakat, di meja informasi front office telah disiapkan formulir secara gratis, persyaratan tehnis dan administratif, biaya, serta waktu proses dipajang di dinding yang bisa dilihat langsung dan diketahui secara jelas oleh masyarakat.
lokasi gedung kantor, dapat terjangkau baik oleh masyarakat, baik kendaraan pribadi, maupun anhkutan umum.
(sebagaian data tulisan ini diambil dari buku Profil kantor Perizinan Kota parepare)





-

0 komentar:

 
template by suckmylolly.com | distributed by free xml blogger templates